Indikator
SKL : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal : Disajikan
teks recount, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan informasi tersirat dengan tepat.
Soal :
1.
Why did writer never eat again before
going to sleep?
A. He
was afraid being a fat boy.
B. He
was afraid to meet an old woman.
C. He
didn’t want to have a trouble sleep.
D. He
didn’t want to get a horrible nightmare.
Jawaban : D
Pembahasan :
Untuk menjawab pertanyaan tersebut
diperlukan membaca lebih teliti paragraf terakhir dan menarik kesimpulan
kalimat pertama dan terakhir.Maka jawaban yang tepat D.
Indikator
SKL : Menentukan makna kata
Indikator soal : Disajikan
kutipan kalimat dari teks recount
yang sama dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna
kata tersebut dengan tepat.
Soal :
2.
“The next moment I gave a muffled yell and …”
The underlined word means …
A. quiet and less clear.
B. noisy and shooting.
C. loud and screaming.
D. forceful and talkative.
Jawaban :
A
Pembahasan :
Makna
muffled dapat diketahui secara
konteks pada paragraph akhir, maka makna yang tepat adalah A.
Indikator SKL :
Menentukan rujukan kata.
Indikator
soal : Disajikan sebuah kutipan kalimat dari
surat yang sama dengan salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan
rujukan kata ganti tersebut dengan tepat.
Soal :
3.
“I never believed her until it happened to me …”
The
word ‘it” refers to …
A. a bed.
B. a
nightmare.
C. a
Sandwich .
D. peanut
butter.
Jawaban : B
Pembahasan :
Rujukan
kata it dapat diketahui dengan
memperhatikan kalimat sebelumnya ‘You might get a nightmare’, sehingga jawaban yang tepat B.
Indikator SKL : Menentukan tujuan komunikatif.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks recount yang sama, siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan tujuan komunikatif dengan tepat.
Soal :
4.
What
is the purpose of the writer to write the text?
A. To
share a bad dream
B. To describe
an old woman
C. To retell
a frightening experience
D. To advice
not to eat before sleeping
Jawaban : C
Pembahasan :
Teks tersebut
adalah teks recount, maka tujuan
komunikatif teks tersebut yang tepat adalah C.
Read
the text and answer questions 35 to38.
|
It was early in the morning we
left Ubud and travelled to Gili Air which is one of three islands of Lombok.
It took 4 hours in total by boat. The travelling was not bad but it was a hot
day. I said to Jane on the slow boat " It`s alright babe, it won`t be so
hot and stuffy once we get moving.”
When we got to Gili Air it was
still quiet so we were able to get a bungalow near the beach for about $ 15 a
night plus breakfast. We shared our room with quite a number of geckos. Some
of them were quite large ones.
The weather was still hot when I
went diving. Jane waited for me at the seashore. She observed some fishermen
who had just caught some fish. She did not want to dive because she had a
trauma with sea animals. We had three days here which we spent walking around
the island which takes about an hour. Every night, we sat on the couches near
the beach and watched the waves and the stars.
It was a fantastic journey that I
ever had.
|
Indikator
SKL : Menentukan tujuan komunikatif teks.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks recount, siswa dapat
menentukan tujuan penulisan teks yang tepat untuk melengkapi pernyataan rumpang
yang diberikan.
Soal :
5.
The purpose of writing the text above is
…
A. to
amuse the readers.
B. to
advertise a tourism object.
C. to
retell the writer’s experience.
D. to
describe the view in Lombok.
Jawaban : C
Pembahasan :
Dari
purpose pada pertanyaan, jelas soal menanyakan tujuan penulisan teks. Karena
teks tersebut recount, maka tujuan
penulisan yang paling tepat adalah C.
Indikator
SKL :
Menentukaninformasirinci tersurat.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks recount, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang tepat
untuk melengkapi pernyataan rumpang yang
diberikan.
Soal :
6.
Jane did not join diving with the writer
because …
A. the
weather was hot at that time.
B. she
had a bad experience with sea animals.
C. there
were some fishermen catching the fish.
D. she
preferred to wait for the writer at the seashore.
Jawaban : B
Pembahasan :JawabanmengapaJane
tidakikutmenyelamdapatdibacapadakalimatShe did not want to dive because she
had a trauma with sea animals.JadipilihanB yang paling benar.
IndikatorSKL : Menentukanmakna kata.
Indikatorsoal : Disajikansebuahteksrecount,
siswadapatmenentukanjawaban yang tepat untuk melengkapi pernyataanrumpang yang
diberikandenganmakna kata berdasarkankontekskalimatnya.
Soal :
7.
“It was a fantastic journey that
I ever had.” (last paragraph)
The underlined
word is similar in meaning to …
A. meaningful.
B. wonderful.
C. interesting.
D. amazing.
Jawaban : B
Pembahasan :
Berdasarkankalimat
yang disajikandalamsoal, makaartifantastic
yang paling tepatadalahpadajawaban B. Jawaban yang lain-lainnyatidakcocok.
IndikatorSKL : Menentukan informasi tersirat.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks recount, siswa dapat menentukan informasi tersirat yang tepat untuk
melengkapi pernyataan rumpang yang
diberikan.
Soal :
8.
We can conclude from the text we know
that the hotel they stayed ini …
A. had
geckos farm.
B. was
not luxurious.
C. served
lunch and dinner.
D. onlyhad
bungalow.
Jawaban : B
Pembahasan :
Dari paragraf 2,
terutama informasi tentang harga sewa dan keadaan di dalam ruang yang bertokek,
kita dapat meyimpulkan bahwa tempat mereka menginap bukan hotel mewah.Jadi
pilihan B yang paling benar.
Read the text
and answer questions 39 to 42.
|
A man with his donkey
carrying two sacks of wheat was on his way to the market. After a little
while he was tired and they rested under a tree.
When he woke up from his
nap he could not see the donkey and started searching for the donkey
everywhere. On the way he met a boy, he asked the boy, “Have you seen my
donkey?” The boy asked, “Is the donkey’s left eye blind, his right foot lame
and is he carrying a load of wheat?” The man was happy and said, “Yes,
exactly! Where have you seen it?” the boy answered “I haven’t seen it.” This
made the man very angry and he took the boy to the village chief for
punishment.
The judge asked, “Dear
boy, if you had not seen the donkey, how could you describe it?” The boy
answered, “I saw the tracks of a donkey and the right and left tracks were
different from this. I understood that the donkey that passed there was
limping. And the grass on the right side of the road was eaten but the grass
on the left was not. From that I understood that his left eye was blind.
There were wheat seeds scattered on the ground and I understood that he must
have been carrying a load of wheat. The judge understood the boy’s cleverness
and told the man to forgive the boy.
|
IndikatorSKL : Menentukan informasi tersirat.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks narrative, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat untuk
melengkapi pernyataan rumpang dengan informasi yang tersirat berdasarkan teks
tersebut.
Soal :
9.
The text shows that the boy knew about
the donkey based on …
A.
the clues that he saw.
B.
the words which people said.
C.
the report made by passers by.
D.
the people who told him.
Jawaban : A
Pembahasan :
Soalmenanyakantentanginformasitersirat.Sesuainamanyainformasiinitidakterterajelasdalamtekstetapikitadapatmengetahui
jawabanituberdasarkan clue (petunjuk) darikalimat-kalimat yangdipakai.Jawabanyang
paling cocokadalah A.
Indikator
SKL :
Menentukanrujukan kata.
Indikator
soal :
Disajikan sebuah teks narrative, siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan yang tepat tentang rujukan kata dalam
kalimat berdasarkan konteks kalimat yang diberikan.
Soal :
10.
“…and I understood that he must
have been carrying a load of wheat.”
What does the underlined word in the
sentence refer to?
A.
The donkey
B.
The traveler
C.
The man
D.
The village chief
Jawaban : A
Pembahasan :
Sesuaikontekskalimatdalambacaan,
katahe mengacupadathe donkey.
Indikator
SKL : Menentukan nilai moral.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks narrative, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang nilai
moral yang tepat berdasarkan teks yang diberikan.
Soal :
11.
What lesson can we learn from telling
the story?
A.
Punishment should be done as
soon as possible.
B.
Law enforcement must be done to
everyone.
C.
We should not jump
into conclusion quickly.
D.
We must not belittle people
especially children.
Jawaban : C
Pembahasan :
Berdasarkanisicerita di atas, jelas
orang laki-lakiitulangsungsajamenyalahkansianaktanpamemperhitungkankebenarannya.TapisetelahdiadiliternyatasiAnaktidakbersalahataukurangtepatbiladisalahkan.Inimengajarikitabahwasebaiknya
orang janganterlalucepatmenuduh orang lain tanpabukti-bukti yang cukup. Jadijawaban
C yang paling benar.
IndikatorSKL : Menentukan makna kata.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks naratif, siswa dapatmenentukan jawaban yang tepat untuk melengkapi
pernyataan rumpang yang diberikan dengan makna kata berdasarkan konteks
kalimatnya.
Soal :
12.
“Is the donkey’s left eye blind, his
right foot lame and is he carrying a load of wheat?” The underlined word means that the donkey’s
right footwas…
A. very
strong.
B. unable
to walk.
C. very
weak.
D. all
right.
.
Jawaban : B
Pembahasan :
Berdasarkan
kalimat yang disajikan dalam soal, maka arti lame yang paling tepat adalah pada jawaban B. Jawaban yang
lain-lainnya tidak cocok.
|
WHERE DO HIPPOS
LIVE?
River hippos live half their
lives in water. They … (43 ) and let the water carry their great weight.
They … (44) sink completely below the surface, however. Instead, they
paddle around with the tops of their heads sticking out of the water. A
river hippo’s eyes, ears, and nose are all at the top of its head. It can
breathe and see what’s going on even while most of its body is below water.
If it has to, a river
hippopotamus can go underwater and hold its breath for as much as half an
hour. River hippos can swim underwater, or walk on the river bottom. Pygmy
hippos can swim, too, but they spend … (45) time in the water. They stay
mostly on the riverbanks.
|
Indikator SKL : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikatorsoal : Disajikan
sebuah teks reportdengan empat
rumpang siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
13.
A. dive
B. sink
C. drown
D. float
Jawaban :D
Pembahasan :
Berdasarkan kata-kata dalamkalimatjelas Hippo mengapung di air
bukannyatenggelam, terbenamataumenyelam. Jadijawaban D yang paling tepat.
Indikator SKL : Menentukan kata
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report dengan empat rumpang siswa dapat menentukan
kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya.
14.
A. usually
B. rarely
C. always
D. often
Jawaban : B
Pembahasan :
Berdasarkan kata-kata
dalamkalimatdanpengalamankitatentangHippo sewaktu di air jelas kata keterangan
yang tepatdipakaiadalah B. JadijawabanB yang paling tepat.
Indikator SKL : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report dengan empat
rumpang siswa dapat menentukan kata keterangan jumlah yang
tepatuntukmelengkapinya.
15.
A. less
B. more
C. longer
D. further
Jawaban : A
Pembahasan :
Soalterkaitdenganjumlahwaktuberada
di air bagi pygmy hippo.Berdasarkan kata-kata dalamkalimatdalamteksmakakeberadaan
hippo jenisinilebihsedikitberada di air.JadijawabanA yang paling tepat.
Indikator SKL : Menentukan kata
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report dengan empat rumpang siswa dapat menentukan
kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
|
A Dog and a Cock became
great friends. One day they travelled together. At night they sleep in the
forest. The Cock perched himself on
the (46).... of a tree, while the Dog found a bed beneath in the hollow
trunk. When the morning dawned, the
Cock, as usual, crowed very (47)... several times. A Fox heard the sound, and wanted to eat
the cock as breakfast. He came and stood under the branches, saying how (48)...
his voice was and he wanted to meet the cock.
|
Indikator SKL : Menentukan kata
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks narrative dengan empat
rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.
16.
A. roots
B. trunks
C. leaves
D. branches
Jawaban : D
Pembahasan :
Berdasarkan
kalimat yang dirumpangkan jelas yang hilang adalah kata benda yang menunjukkan
bagian dari sebuah pohon. Dengan clue
dari kalimat ‘…they sleep
in the forest. The Cock perched himself
on ...’ maka kata benda yang tepat adalah D.
Indikator SKL : Menentukan kata yang tepat
untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan sebuah teks narrative dengan empat rumpang siswa
dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya
17.
A. Loud
B. aloud
C. loudly
D. loudness
Jawaban :C
Pembahasan : Untuk melengkapi teks tersebut diperlukan
kata adverb of manner untuk
menjelaskan kata kerja crowed,
sehingga kata yang tepat untuk melengkapinya adalah loudly.
Indikator SKL : Menentukan kata yang tepat
untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks narrative dengan empat
rumpang siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya.
18.
A. soft
B. loud
C. hard
D. beautiful
Jawaban : D
Pembahasan :
Dari
kalimat ‘A Fox heard
the sound, and wanted to eat the cock as breakfast.’ Jelas foxakan memakan the cock sehingga the fox
memuji suaranya, maka kata sifat yang tepat untuk melengkapinya beautiful.
Indikator SKL : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks narrative dengan empat
rumpang siswa dapat menentukan kata ganti benda yang tepat untuk melengkapinya.
Indikator
SKL : Menentukan
susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraph yang kohiren.
Indikator soal : Disajikan
sejumlah kalimat yang diacaktentangsesuatu, siswadapatmenentukansusunankalimat
yang tepatuntukmembuat paragraph yang kohiren.
19.
Arrange the following sentences into a
good paragraph.
1.
Skateboarders skated on streets or
sidewalks.
2.
In the beginning, skateboarding was
simple.
3.
Today’s skaters are like flying
acrobats.
4.
What secret powers do these
skateboarders have?
5.
Doesn’t gravity apply to them?
6.
They leap, skid over obstacles, flip,
and turn at amazing speeds.
7.
Their most exciting trick was to slide
down the top of a hill.
8.
The answer is simple: understand the laws of physics.
A. 2-1-3-7-4-6-5-8
B. 2-7-1-6-3-5-4-8
C. 2-6-7-1-5-8-4-3
D. 2-1-7-3-6-4-5-8
Jawaban : D
Pembahasan :
Kalimatmembahastentang
skateboarding danpemainnya di
waktulampaudanmasakini.Berdasarkanurutanwaktudankalimat-kalimat yang menjelaskandan
yang dijelaskanjelassusunan yang paling kohirenadalahpadajawaban D.
Indikator SKL : Menentukan
susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
Indikator soal : Disajikan
sejumlah kata yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kata-kata yang tepat
untuk membuat kalimat yang bermakna.
20.
Arrange the words to make a meaningful
sentence.
Forty – let
– minutes – for – the chicken – in – the
seasoning – marinate – about
1
2 3 4
5 6 7 8 9
A. 2-5-1-3-8-9-6-7-4
B. 2-5-8-6-7-4-9-1-3
C. 2-8-5-7-6-9-4-1-3
D. 2-6-5-8-4-7-9-3-1
Jawaban : B
Pembahasan :
Kalimatyang hendakdisusunberbentukkalimatperintah.Berdasarkanarti
kata-kata yang ada di kalimatitujelassusunan kata yang paling
bermaknaadalahjawaban B.
No comments:
Post a Comment