Saturday, September 12, 2015

#12. Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP berdasarkan SKL dan Pembahasannya.

Indikator SKL   : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal     :  Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan informasi tersirat dengan tepat.

Soal   :
1.        Why did writer never eat again before going to sleep?
A.      He was afraid being a fat boy.
B.       He was afraid to meet an old woman.
C.       He didn’t want to have a trouble sleep.
D.      He didn’t want to get a horrible nightmare.

Jawaban        : D
Pembahasan  :
Untuk menjawab pertanyaan tersebut diperlukan membaca lebih teliti paragraf terakhir dan menarik kesimpulan kalimat pertama dan terakhir.Maka jawaban yang tepat D.

Indikator SKL   : Menentukan makna kata
Indikator soal     :  Disajikan kutipan kalimat dari teks recount yang sama dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.

Soal   :
2.        The next moment I gave a muffled yell and …”
The underlined word means …
A.      quiet and less clear.
B.       noisy and shooting.
C.       loud and screaming.
D.      forceful and talkative.

Jawaban        : A
Pembahasan  :
Makna muffled dapat diketahui secara konteks pada paragraph akhir, maka makna yang tepat adalah A.

Indikator SKL   : Menentukan rujukan kata.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah kutipan kalimat dari surat yang sama dengan salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan rujukan kata ganti tersebut dengan tepat.

Soal   :
3.        I never believed her until it happened to me …”
The word ‘it” refers to …
A.      a bed.
B.       a nightmare.
C.       a Sandwich .
D.      peanut butter.

Jawaban        : B
Pembahasan  :
Rujukan kata it dapat diketahui dengan memperhatikan kalimat sebelumnya ‘You might get a nightmare’, sehingga jawaban yang tepat B.

Indikator SKL   : Menentukan tujuan komunikatif.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks recount yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tujuan komunikatif dengan tepat.

Soal   :
4.        What is the purpose of the writer to write the text?
A.      To share a bad dream
B.       To describe an old woman
C.       To retell a frightening experience
D.      To advice not to eat before sleeping

Jawaban         : C
Pembahasan  :
Teks tersebut adalah teks recount, maka tujuan komunikatif teks tersebut yang tepat adalah C.

Read the text and answer questions 35 to38.

It was early in the morning we left Ubud and travelled to Gili Air which is one of three islands of Lombok. It took 4 hours in total by boat. The travelling was not bad but it was a hot day. I said to Jane on the slow boat " It`s alright babe, it won`t be so hot and stuffy once we get moving.”
When we got to Gili Air it was still quiet so we were able to get a bungalow near the beach for about $ 15 a night plus breakfast. We shared our room with quite a number of geckos. Some of them were quite large ones.
The weather was still hot when I went diving. Jane waited for me at the seashore. She observed some fishermen who had just caught some fish. She did not want to dive because she had a trauma with sea animals. We had three days here which we spent walking around the island which takes about an hour. Every night, we sat on the couches near the beach and watched the waves and the stars.
It was a fantastic journey that I ever had.

Indikator SKL   : Menentukan tujuan komunikatif teks.
Indikatorsoal      :  Disajikan sebuah teks recount, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks yang tepat untuk melengkapi pernyataan rumpang yang diberikan.

Soal   :
5.        The purpose of writing the text above is …
A.      to amuse the readers.
B.       to advertise a tourism object.
C.       to retell the writer’s experience.
D.      to describe the view in Lombok.

Jawaban        : C
Pembahasan  :
Dari purpose pada pertanyaan, jelas soal menanyakan tujuan penulisan teks. Karena teks tersebut recount, maka tujuan penulisan yang paling tepat adalah C.

Indikator SKL   : Menentukaninformasirinci tersurat.
Indikatorsoal     :  Disajikan sebuah teks recount, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang tepat untuk melengkapi  pernyataan rumpang yang diberikan.

Soal   :
6.        Jane did not join diving with the writer because …
A.      the weather was hot at that time.
B.       she had a bad experience with sea animals.
C.       there were some fishermen catching the fish.
D.      she preferred to wait for the writer at the seashore.

Jawaban        : B
Pembahasan  :JawabanmengapaJane tidakikutmenyelamdapatdibacapadakalimatShe did not want to dive because she had a trauma with sea animals.JadipilihanB yang paling benar.

IndikatorSKL    : Menentukanmakna kata.
Indikatorsoal      :  Disajikansebuahteksrecount, siswadapatmenentukanjawaban yang tepat untuk melengkapi pernyataanrumpang yang diberikandenganmakna kata berdasarkankontekskalimatnya.
Soal   :
7.        “It was a fantastic journey that I ever had.” (last paragraph)
The underlined word is similar in meaning to …
A.      meaningful.
B.       wonderful.
C.       interesting.
D.      amazing.

Jawaban        : B
Pembahasan  :
Berdasarkankalimat yang disajikandalamsoal, makaartifantastic yang paling tepatadalahpadajawaban B. Jawaban yang lain-lainnyatidakcocok.

IndikatorSKL    : Menentukan informasi tersirat.
Indikatorsoal      :  Disajikan sebuah teks recount, siswa dapat menentukan informasi tersirat yang tepat untuk melengkapi  pernyataan rumpang yang diberikan.

Soal   :
8.        We can conclude from the text we know that the hotel they stayed ini …
A.      had geckos farm.
B.       was not luxurious.
C.       served lunch and dinner.
D.      onlyhad bungalow.

Jawaban        : B
Pembahasan  :
Dari paragraf 2, terutama informasi tentang harga sewa dan keadaan di dalam ruang yang bertokek, kita dapat meyimpulkan bahwa tempat mereka menginap bukan hotel mewah.Jadi pilihan B yang paling benar.

Read the text and answer questions 39 to 42.

A man with his donkey carrying two sacks of wheat was on his way to the market. After a little while he was tired and they rested under a tree.

When he woke up from his nap he could not see the donkey and started searching for the donkey everywhere. On the way he met a boy, he asked the boy, “Have you seen my donkey?” The boy asked, “Is the donkey’s left eye blind, his right foot lame and is he carrying a load of wheat?” The man was happy and said, “Yes, exactly! Where have you seen it?” the boy answered “I haven’t seen it.” This made the man very angry and he took the boy to the village chief for punishment.

The judge asked, “Dear boy, if you had not seen the donkey, how could you describe it?” The boy answered, “I saw the tracks of a donkey and the right and left tracks were different from this. I understood that the donkey that passed there was limping. And the grass on the right side of the road was eaten but the grass on the left was not. From that I understood that his left eye was blind. There were wheat seeds scattered on the ground and I understood that he must have been carrying a load of wheat. The judge understood the boy’s cleverness and told the man to forgive the boy.


IndikatorSKL    : Menentukan informasi tersirat.
Indikatorsoal      :  Disajikan sebuah teks narrative, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat untuk melengkapi pernyataan rumpang dengan informasi yang tersirat berdasarkan teks tersebut.

Soal   :
9.        The text shows that the boy knew about the donkey based on …
A.      the clues  that he saw.
B.       the words which people said.
C.       the report made by passers by.
D.      the people who told him.

Jawaban         : A
Pembahasan  :
Soalmenanyakantentanginformasitersirat.Sesuainamanyainformasiinitidakterterajelasdalamtekstetapikitadapatmengetahui jawabanituberdasarkan clue (petunjuk) darikalimat-kalimat yangdipakai.Jawabanyang paling cocokadalah A.

Indikator SKL   : Menentukanrujukan kata.
Indikator soal     :
Disajikan sebuah teks narrative, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan yang tepat tentang rujukan kata dalam kalimat berdasarkan konteks kalimat yang diberikan.

Soal   :
10.    “…and I understood that he must have been carrying a load of wheat.”
What does the underlined word in the sentence refer to?
A.      The donkey
B.       The traveler
C.       The man
D.      The village chief

Jawaban        : A
Pembahasan  :
Sesuaikontekskalimatdalambacaan, katahe mengacupadathe donkey.

Indikator SKL   : Menentukan nilai moral.
Indikatorsoal      :  Disajikan sebuah teks narrative, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang nilai moral yang tepat berdasarkan teks yang diberikan.

Soal   :
11.    What lesson can we learn from telling the story?
A.      Punishment should be done as soon as possible.
B.      Law enforcement must be done to everyone.
C.      We should not jump into conclusion quickly.
D.      We must not belittle people especially children.

Jawaban        :  C
Pembahasan  :
Berdasarkanisicerita di atas, jelas orang laki-lakiitulangsungsajamenyalahkansianaktanpamemperhitungkankebenarannya.TapisetelahdiadiliternyatasiAnaktidakbersalahataukurangtepatbiladisalahkan.Inimengajarikitabahwasebaiknya orang janganterlalucepatmenuduh orang lain tanpabukti-bukti yang cukup. Jadijawaban C yang paling benar.

IndikatorSKL    : Menentukan makna kata.
Indikatorsoal      :  Disajikan sebuah teks naratif, siswa dapatmenentukan jawaban yang tepat untuk melengkapi pernyataan rumpang yang diberikan dengan makna kata berdasarkan konteks kalimatnya.

Soal   :
12.    “Is the donkey’s left eye blind, his right foot lame and is he carrying a load of wheat?”   The underlined word means that the donkey’s right footwas…
A.      very strong.
B.       unable to walk.
C.       very weak.
D.      all right.
.
Jawaban        : B
Pembahasan  :
Berdasarkan kalimat yang disajikan dalam soal, maka arti lame yang paling tepat adalah pada jawaban B. Jawaban yang lain-lainnya tidak cocok.

WHERE DO HIPPOS LIVE?
River hippos live half their lives in water. They … (43 ) and let the water carry their great weight. They … (44) sink completely below the surface, however. Instead, they paddle around with the tops of their heads sticking out of the water. A river hippo’s eyes, ears, and nose are all at the top of its head. It can breathe and see what’s going on even while most of its body is below water.
If it has to, a river hippopotamus can go underwater and hold its breath for as much as half an hour. River hippos can swim underwater, or walk on the river bottom. Pygmy hippos can swim, too, but they spend … (45) time in the water. They stay mostly on the riverbanks.
For questions 43 to 45 choose the best words to complete the text.
Indikator SKL   : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikatorsoal      :  Disajikan sebuah teks reportdengan empat rumpang siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.

13.    A.   dive
B.   sink
C.   drown
D.   float

Jawaban        :D
Pembahasan  :
Berdasarkan kata-kata dalamkalimatjelas Hippo mengapung di air bukannyatenggelam, terbenamataumenyelam. Jadijawaban D yang paling tepat.

Indikator SKL   : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks report  dengan empat rumpang siswa dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya.

14.    A.   usually
B.   rarely
C.   always
D.   often

Jawaban         : B
Pembahasan  :
Berdasarkan kata-kata dalamkalimatdanpengalamankitatentangHippo sewaktu di air jelas kata keterangan yang tepatdipakaiadalah B. JadijawabanB yang paling tepat.


Indikator SKL   : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks report dengan empat rumpang siswa dapat menentukan kata keterangan jumlah yang tepatuntukmelengkapinya.
                           
15.    A.   less
B.   more
C.   longer
D.   further

Jawaban        : A
Pembahasan  :
Soalterkaitdenganjumlahwaktuberada di air bagi pygmy hippo.Berdasarkan kata-kata dalamkalimatdalamteksmakakeberadaan hippo jenisinilebihsedikitberada di air.JadijawabanA yang paling tepat.


Indikator SKL   : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks report  dengan empat rumpang siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
A Dog and a Cock became great friends. One day they travelled together. At night they sleep in the forest.  The Cock perched himself on the (46).... of a tree, while the Dog found a bed beneath in the hollow trunk.  When the morning dawned, the Cock, as usual, crowed very (47)... several times.  A Fox heard the sound, and wanted to eat the cock as breakfast. He came and stood under the branches, saying how (48)... his voice was and he wanted to meet the cock.
Forquestions 46 to 48, choose the best answer to complete the text.
Indikator SKL   : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks narrative dengan empat rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.

16.    A.   roots
B.   trunks
C.   leaves
D.   branches

Jawaban        : D
Pembahasan  :
Berdasarkan kalimat yang dirumpangkan jelas yang hilang adalah kata benda yang menunjukkan bagian dari sebuah pohon. Dengan clue dari kalimat ‘…they sleep in the forest.  The Cock perched himself on ...’ maka kata benda yang tepat adalah D.
Indikator SKL   : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks narrative dengan empat rumpang siswa dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya

17.    A.   Loud
B.   aloud
C.   loudly
D.   loudness

Jawaban        :C
Pembahasan  : Untuk melengkapi teks tersebut diperlukan kata adverb of manner untuk menjelaskan kata kerja crowed, sehingga kata yang tepat untuk melengkapinya adalah loudly.



Indikator SKL   : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks narrative dengan empat rumpang siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya.
18.    A.   soft
B.   loud
C.   hard
D.   beautiful

Jawaban        : D
Pembahasan  :
Dari kalimat ‘A Fox heard the sound, and wanted to eat the cock as breakfast.’ Jelas foxakan memakan the cock sehingga the fox memuji suaranya, maka kata sifat yang tepat untuk melengkapinya beautiful.

Indikator SKL   : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks narrative dengan empat rumpang siswa dapat menentukan kata ganti benda yang tepat untuk melengkapinya.

Indikator SKL   :  Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraph yang kohiren.
Indikator soal     :  Disajikan sejumlah kalimat yang diacaktentangsesuatu, siswadapatmenentukansusunankalimat yang tepatuntukmembuat paragraph yang kohiren.

19.    Arrange the following sentences into a good paragraph.
1.        Skateboarders skated on streets or sidewalks.
2.        In the beginning, skateboarding was simple.
3.        Today’s skaters are like flying acrobats.
4.        What secret powers do these skateboarders have?
5.        Doesn’t gravity apply to them?
6.        They leap, skid over obstacles, flip, and turn at amazing speeds.
7.        Their most exciting trick was to slide down the top of a hill.
8.        The answer is simple:  understand the laws of physics.

A.      2-1-3-7-4-6-5-8
B.       2-7-1-6-3-5-4-8
C.       2-6-7-1-5-8-4-3
D.      2-1-7-3-6-4-5-8

Jawaban        : D
Pembahasan  :
Kalimatmembahastentang skateboarding danpemainnya di waktulampaudanmasakini.Berdasarkanurutanwaktudankalimat-kalimat yang menjelaskandan yang dijelaskanjelassusunan yang paling kohirenadalahpadajawaban D.

Indikator SKL   :  Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
Indikator soal     :  Disajikan sejumlah kata yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kata-kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.

20.    Arrange the words to make a meaningful sentence.
Fortyletminutesforthe chickeninthe seasoningmarinateabout
  1      2        3          4  5            6            7                  8             9

A.      2-5-1-3-8-9-6-7-4
B.       2-5-8-6-7-4-9-1-3
C.       2-8-5-7-6-9-4-1-3
D.      2-6-5-8-4-7-9-3-1

Jawaban        : B
Pembahasan  :
Kalimatyang hendakdisusunberbentukkalimatperintah.Berdasarkanarti kata-kata yang ada di kalimatitujelassusunan kata yang paling bermaknaadalahjawaban B.



No comments:

Post a Comment