Thursday, October 26, 2017

RPP Bahasa Inggris SMP K.13 Kelas VII K.D. 3.2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   : SMP DEK Padang
Kelas/semester : VII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Materi Pokok : Teks Interaksi transaksional Lisan dan Tulis
                                     Sederhana tentang Perkenalan Diri
Alokasi Waktu :12  x 40 menit (8 pertemuan)

A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,  mengolah, dan menyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DASAR

3.2 Mengidentifi-kasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. {Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)

4.2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dansesuaikonteks




C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.2.1 siswa dapat mengidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri(name, Origin, home address) pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.2.2  Siswa dapat mengidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri ( hobbies) pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.2.3  Siswa dapat mengidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri (Family member) pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.2.1 Siswa dapat menyusun teks interaksi lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri (name,origin, home address), pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.2 Siswa dapat menyusun teks interaksi lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri (hobby), pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.2.3  Siswa dapat menyusun teks interaksi lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri ( family member) pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Materi Pembelajaran Reguler
Teks interaksi transaksional: memberi dan meminta informasi terkait jati diri
Fungsi sosial
Berkenalan, memperkenalkan diri sendiri / orang lain.
Struktur teks
dapat mencakup
- Memulai
- Menanggapi
dengan menyatakan/ menanyakan tentang a.l. nama, alamat, kakak/adik, orang tua, sekolah, tempat kerja masing-masing

Unsur kebahasaan
Pernyataan dan pertanyaan terkait jati diri
Verba: be, have, go, work, live (dalam simple present tense)
Subjek Pronoun: I, You, We, They, He, She, It
Kata ganti possessive my, your, his, ect.
Ucapan, tekanan kata, intonasi
Ejaan, tanda baca
Tulisan tangan

Topik
Diri sendiri sebagai bagian dari keluarga: ayah, ibu, kakak, adik, serta perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri.

2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Teks interaksi interpersonal : memberi dan meminta informasi mengenai jati diri

3. Materi Pembelajaran Remedial
Fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan, teks  interaksi interpersonal  lisan dan tulis memberi dan meminta jati diri.

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 1
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
Guru dapat menggunakan kalimat” Good morning students”.
Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “ Good morning, Teacher/ Sir/Ma’am”.
Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
Guru memperkenalkan dirinya sendiri Misal Hello my name is…. I’m …. old. I live on Jl… dst.
Jika memungkinkan, guru dapat bertanya keberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran    10 menit

Inti Observing
Guru dapat memberikan contoh bagaimana mengucapkan dan membaca kalimat kalimat tersebut dengan baik dan benar.
Untuk memahami wacana yang diberikan untuk menterjemahkan wacana tersebut.
Guru dapat meminta peserta didik untuk membacakan teks yang ada.

Questioning
Guru dapat memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan wacana tersebut, seperti :
1. Who are you ?
2. What do you think people need to know who are you?
3. What do you know about you?
4. Where your parents come from?
5. What else is important about you?

Guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar hal 22
1. How many person in the picture?
2. What are they?

Peserta didik menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan
Guru dapat mengulang-ulang pertanyaan tersebut.
bahkan mengacak pertanyaan tersebut sehingga peserta didik benar benar memahami makna dari pertanyaan yang diutarakan oleh guru.

Associating
Membahas unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

Experimenting
Peserta didik mengisi rumpang kalimat yang tersedia dengan menuliskan identitas siswa (hal 22) sesuai dengan identitas pribadinya (hal 23)
Peserta didik mengisi rumpang biodata yang tersedia dengan menuliskan identitas pribadinya. (hal 24)

Communicating
Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaannya secara lisan (tidak membaca)
Guru membahas hasil presentasi peserta didik 60 menit
Penutup Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya tentang umur, tempat tnggal, kegemaran dst.
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik Perkenalan diri
Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
Siswa diberi tugas 10 menit


PERTEMUAN 2
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
Guru dapat menggunakan kalimat” Good morning students”.
Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “ Good morning, Teacher/ Sir/Ma’am”.
Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
Guru memperkenalkan dirinya sendiri Misal Hello my name is…. I’m …. old. I live on Jl… dst.
Jika memungkinkan, guru dapat bertanya keberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
 10 menit

Inti Observing
Guru dapat memberikan contoh bagaimana mengucapkan dan membaca kalimat kalimat tersebu dengan baik dan benar.(hal 25)
Untuk memahami wacana yang diberikan untuk menterjemahkan wacana tersebut.
Peserta didik mengulang ucapan guru setelah guru membacakan teks yang ada.
Peserta didik berserta teman sebangkunya berlatih dialog tersebut.

Questioning
Guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar hal 25
1. How many person in the picture?
2. Who are they?
3. What are they doing?

Peserta didik menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan
Guru dapat mengulang-ulang pertanyaan tersebut.
bahkan mengacak pertanyaan tersebut sehingga peserta didik benar benar memahami makna dari pertanyaan yang diutarakan oleh guru.

Associating
Membahas unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

Experimenting
Peserta didik mengisi rumpang kalimat yang tersedia dengan menuliskan identitas salah satu teman sekelasnya (hal 26)


Communicating
Peserta didik menempelkan hasilnya di dinding kelas
Guru membahas hasil presentasi peserta didik 60 menit
Penutup Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya tentang umur, tempat tnggal, kegemaran dst.
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik Perkenalan diri
Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
Siswa diberi tugas 10 menit

PERTEMUAN 3
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
Guru dapat menggunakan kalimat” Good morning students”.
Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “ Good morning, Teacher/ Sir/Ma’am”.
Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
Jika memungkinkan, guru dapat bertanya keberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru
Guru melakukan review tentang materi sebelumnya
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran
Guru menyampaikan teknik penilaian    10 menit

Inti Observing
Guru dapat memutar video  lagu alphabet.
Peserta didik  ikut bernyanyi.

Questioning
Guru dapat memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan wacana tersebut, seperti :
1. What is the song about?
2. What do you see in the video clip?
3. What else?
Peserta didik menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan
Guru dapat mengulang-ulang pertanyaan tersebut.
bahkan mengacak pertanyaan tersebut sehingga peserta didik benar benar memahami makna dari pertanyaan yang diutarakan oleh guru.

Associating
Guru membahas unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Perserta didik menulis dengan jelas dan rapi cara pengucapan setiap huruf.
Guru menyebutkan tiap huruf, peserta didik mengulanginya.
Guru mengulang2 hingga peserta didik dapat mengucapkannya dengan baik dan jelas

Experimenting
Peserta didik berlatih mengeja beberapa kata yang diberikan oleh guru.
Peserta didik berlatih mengeja namanya sendiri
Peserta didik berlatih mengeja nama teman2 sekelas
Peserta didik berlatih mengeja nama2 guru kelas 7 SMP DEK Padang

Communicating
Peserta didik secara berkelompok membisikkan satu kata ketemannya dan teman paling ujung akan mengejanya. Kelompok yang salah dalam mengeja akan diberikan hukuman sederhana.
Guru membahas hasil presentasi siswa. 60 menit

Penutup
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya tentang “ Spelling “
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah  bisa “spelling”
Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
Siswa diberi tugas 10 menit

PERTEMUAN 4
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
Guru dapat menggunakan kalimat” Good morning students”.
Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “ Good morning, Teacher/ Sir/Ma’am”.
Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
Jika memungkinkan, guru dapat bertanya keberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru
Guru menyebutkan tujuan pembelajaran    10 menit

Inti Observing
Guru dapat menampilkan beberapa kartu identitas
Guru dapat meminta peserta didik untuk membacakan teks yang ada dalam kartu identitas

Questioning
Guru dapat memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan wacana tersebut, seperti :
1. What is it?
2. What do you find in the card?
3. Do you have an identity card?
4. What do you find in your card?
5. What else is important about you?
Peserta didik menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan
Guru dapat mengulang-ulang pertanyaan tersebut.
bahkan mengacak pertanyaan tersebvut sehingga peserta didik benar benar memahami makna dari pertanyaan yang diutarakan oleh guru.

Associating
Membahas unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

Experimenting
Peserta didik mengisi rumpang kalimat yang tersedia dengan menuliskan identitas pribadinya.


Communicating
Membahas hasil pekerjaan pada worksheet.
Mempresentasikan hasil pekerjaanya. 60 menit

Penutup
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya tentang kartu identitas
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik Perkenalan diri
Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
Siswa diberi tugas 10 menit

PERTEMUAN 5
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa inggris agar English Environment
dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
Guru dapat menggunakan kalimat” Good morning students”.
Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “ Good morning, Teacher/ Sir/Ma’am”.
Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
Guru memperkenalkan dirinya sendiri Misal Hello my name is…. I’m …. old. I live on Jl… dst.
Jika memungkinkan, guru dapat bertanya keberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru me review beberapa pokok bahasan pada pertemuaan sebelumnya.    10 menit

Inti Observing
Guru dapat memberikan contoh bagaimana mengucapkan dan membaca kalimat kalimat tersebu dengan baik dan benar.(hal 28)
Untuk memahami wacana yang diberikan untuk menterjemahkan wacana tersebut.
Peserta didik mengulang kalimat yang dibacakan oleh guru

Questioning
Guru dapat memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan wacana tersebut, seperti :
1. What do you see in the picture(1-5)?
2. What is he/she doing in the picture?
3. What is your favorite thing to do/ hobby?
4. What else you do?
5. What is your hobby?
Peserta didik menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan
Guru dapat mengulang-ulang pertanyaan tersebut.
bahkan mengacak pertanyaan tersebvut sehingga peserta didik benar benar memahami makna dari pertanyaan yang diutarakan oleh guru.

Associating
Membahas unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

Experimenting
Peserta didik mengisi rumpang kalimat yang tersedia dan menuliskan hobby nya


Communicating
Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaanya secara lisan ( tidak dibaca)
Guru membahasa hasil presentasi siswa. 60 menit

Penutup
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya tentang umur, tempat tnggal, kegemaran dst.
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik Perkenalan diri (Hobby)
Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
Siswa diberi tugas 10 menit

PERTEMUAN 6
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa inggris agar English Environment
dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
Guru dapat menggunakan kalimat” Good morning students”.
Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “ Good morning, Teacher/ Sir/Ma’am”.
Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
Guru memperkenalkan dirinya sendiri Misal Hello my name is…. I’m …. old. I live on Jl… dst.
Jika memungkinkan, guru dapat bertanya keberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru me review beberapa pokok bahasan pada pertemuaan sebelumnya.    10 menit

Inti Observing
Guru dapat memberikan contoh bagaimana mengucapkan dan membaca kalimat kalimat tersebu dengan baik dan benar.
Untuk memahami wacana yang diberikan untuk menterjemahkan wacana tersebut.
Peserta didik mengulang kalimat yang dibacakan oleh guru.

Questioning
Guru dapat memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan wacana tersebut, seperti :
1. What do you see in the picture ?
2. How many person are there?
3. How many man are there?
4. How many woman are there?
5. Who are they?
6. What are they doing
Peserta didik menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan
Guru dapat mengulang-ulang pertanyaan tersebut.
bahkan mengacak pertanyaan tersebut sehingga peserta didik benar benar memahami makna dari pertanyaan yang diutarakan oleh guru.

Associating
Membahas unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

Experimenting
Peserta didik mengisi rumpang kalimat yang tersedia dengan menuliskan anggota keluarga sesuai dengan yang dibacakan oleh guru (hal 34)


Communicating
Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaanya secara lisan ( tidak dibaca)
Guru membahas hasil presentasi peserta didik. 60 menit

Penutup
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya tentang anggota keluarga.
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik Perkenalan diri anggota keluarga
Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
Siswa diberi tugas 10 menit

PERTEMUAN 7
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan
A Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa inggris agar English Environment
dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
Guru dapat menggunakan kalimat” Good morning students”.
Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “ Good morning, Teacher/ Sir/Ma’am”.
Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
Guru mengingatkan siswa pada pelajaran sebelumnya
Jika memungkinkan, guru dapat bertanya keberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran    10 menit

Inti Observing
Guru dapat memberikan contoh bagaimana mengucapkan dan membaca kalimat kalimat tersebut dengan baik dan benar.
Untuk memahami wacana yang diberikan untuk menterjemahkan wacana tersebut.
Peserta didik mengulang kalimat yang dibacakan oleh guru..

Questioning
Guru dapat memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan wacana tersebut, seperti :
1. Who are you ?
2. Where do you come from?
3. Where do you live?
4. What is your hobby?
5. What is you favorite food?
6. How many people in your family?
7. What are they?
Peserta didik menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan
Guru dapat mengulang-ulang pertanyaan tersebut.
bahkan mengacak pertanyaan tersebut sehingga peserta didik benar benar memahami makna dari pertanyaan yang diutarakan oleh guru.

Associating
Membahas unsur kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

Experimenting
Peserta didik mengisi rumpang kalimat yang tersedia dengan menuliskan identitas pribadinya.(hal 36)

Communicating
Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaanya secara lisan (tidak dibaca)
Guru membahas hasil presentasi peserta didik. 60 menit

Penutup
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya tentang umur, tempat tnggal, kegemaran dst.
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik Perkenalan diri
Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
Siswa diberi tugas 10 enit

F. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
A. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian
Sikap : Observasi
Pengetahuan : Penugasan
Keterampilan : Praktik
penilaian
       Kisi-Kisi dan Soal

No Indikator Soal Tehnik/Bentuk Penilaian
3.2 Mengidentifi-kasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. {Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)

Tes Tulis 1
Read the text and answer the questions below.
1. What is the text in the picture about?
2. What is the text in the picture written for?
3. Where does Hasnida come from?
4. Where does Hasnida live precisely?
5. Who is Hasnida?

Tes Tulis 3
Read the text and answer the question below
1. What is the text in the picture about?
2. What is the text in the picture written for?
3. Who is Annisa?
4. What are Anissa’s hobby ?
5. Is Fried Banana her favorite snack?

Tes Tulis 4
Read the text and answer the question below

1. What is the text in the picture about?
2. What is the text in the picture written for?
3. How many people in the writer’s family?
4. Who is Mr.Rajali?
5. What is Mrs. Kurnia?
6. Who is the writer’s little sister?
7. What is Hasan?
8. Where does RIzkia study?

Tes Tulis/Esei
4.2 Menyusunteks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dansesuaikonteks

Tes 5
Write a short simple transactional interaction text consist of
1. Your identity
2. Your hobby
3. Your family member. Praktik menyusun teks interaksi interpersonal secara tulis

Tes 2
Present in front of the class
Spell these words given
Tes 5
Present  the text in front of the class not read. Praktik menyusun teks interaksi interpersonal secara lisan

2. Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran

PENGETAHUAN:

TES TULIS 1,3
Nilai 2 : untuk setiap jawaban Benar pada bagian Essay
Nilai akhir : Total Skor (maks : 10)
TES TULIS 4
Nilai 1,25 : untuk setiap jawaban benar pada bagian Essay
Nilai Akhir : Total Skor (maks : 10)

KETERAMPILAN:
TES 2,5 DAN 6
a. Rubrik Penilaian Keterampilan (Praktik/Kinerja/Project)

KRITERIA Deskripsi Rentang Skor
Skor Perolehan

Mendeskripsikan secara lisan Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai (89 – 100) ...
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi (76-88) ...
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancer (61-75) ...
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancer (0-60) ...
JUMLAH ...
Menulis Teks Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat (89 – 100) ...
Fungsi sosial tercapai, struktur  tepat dan unsur kebahasaan kurang  tepat (76-88) ...
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat (61-75) ...
Fungsi sosial, Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai (0-60) ...
JUMLAH ...

b. Rubrik Penilaian Tes Praktek Lisan Berbicara

No Aspek yang Dinilai Kriteria Score
1 Pengucapan Excellent                           4
                                                       Good                               3                                                       
                                                        Fair                                2
                                                        Poor 1
2       Intonasi                               Excellent                           4
                                                       Good                               3
                                                        Fair                                 2
                                                       Poor 1
3       Ketelitian                              Excellent                          4
                                                       Good                               3
                                                        Fair                                 2
                                                       Poor 1

4       Kelancaran                          Excellent                          4
                                                       Good                               3
                                                        Fair                                 2
                                                       Poor 1
5       Action                                 Excellent                          4
                                                       Good                               3
                                                        Fair                                 2
                                                       Poor 1
Total Score 20

G. PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
Pembelajaran remedial
Siswa yang belum mencapai KKM diberi kegiatan remedial dengan mendengarkan dan mempresentasikan lisan dan tulis dengan Teks interaksi transaksionalmengenalkan jati diri

Pembelajaran pengayaan
Siswa yang memperoleh nilai diatas KKM diberi pengayaan dengan menngerjakan latihan mengenai ungkapan Teks interaksi transaksional mengenalkan jati diri


H. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

1. Media/Alat : White Board, Infocus
2. Bahan : Picture, Song, Flip Chart, Students’ work sheet
3. Sumber : - Buku When English Rings A Bell halaman 22-34
                    - English Dictionary


                                                                                                                 Padang, Agustus 2017
Mengetahui,
Kepala SMP DEK Guru Bahasa Inggris




Yuli Afina, S.Pd Amelia Azfar, S. Pd




No comments:

Post a Comment