Indikator SKL : Menentukan pikiran utama.
Indikator
soal : Disajikan
teks deskriptif yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan menentukan
pikiran utama sebuah paragraf dengan tepat.
Soal :
1.
What is the main idea of the last
paragraph?
A.
The writer has a new bag.
B.
The bag is very functional.
C.
The bag has many pockets.
D.
The writer is satisfied with the bag.
Jawaban : B.
Pembahasan :
Pikiran
utama pada paragraph ini yaitu kalimat pertama. Kalimat-kalimat berikutnya
berupa kalimat penjelas, menjelaskan bagaimana tas tersebut bermanfaat untuk
banyak hal. Sehingga jawaban yang tepat B.
Indikator SKL : Menentukan tujuan komunikasi.
Indikator
soal : Disajikan
teks deskriptif yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaaan
menentukan tujuan komunikatif dari teks tersebut dengan tepat.
Soal :
2.
What is the purpose of the text?
A.
To retell the past event
B.
To entertain the readers
C.
To describe the writer’s new bag
D.
To give instruction how to buy a bag
Jawaban : C
Pembahasan :
Teks
tersebut adalah teks deskriptif yang mendeskripsikan tas baru si penulis.
Sehingga jawaban yang tepat dari tujuan si penulis menulis teks tersebut adalah
mendeskripsikan tas barunya. Jadi jawaban yang tepat adalah D.
Read the text to
answer questions 23 to 26.
|
Pharmacists are the professionals who dispense medicines to
the patients, as prescribed by the medical expert. In most of the cases,
the experienced pharmacists can even prescribe some better drugs and
medicines to the patients. One of the most important pharmacist job
descriptions is the management of medicines and drugs in health care units
and hospitals. The pharmacist job description also includes assisting the
patients, advising the medical experts and helping the patients by
recommending the right medicine.
Some of the job duties of a pharmacist are as follows; give
advice and assist doctors or surgeons in matters relating to dosages and
prescriptions to the patient. Monitor and analyze the health of the
patient, with respect to the drugs that have been given to the patient.
Answer the queries of the patients about the probable side effects and
benefits of the drug therapy. Seek immediate help from the doctor in case
the drug shows some side effects on the patient. Recommend drugs to
visitors with minor ailments.
|
Indikator SKL : Menentukan gambaran umum.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report tentang sebuah
pekerjaan, siswa dapat menentukan jawaban gambaran umum dari teks tersebut
dengan tepat.
Soal :
3.
What does the text tell us about?
A. A pharmacist
B. A
drug therapy
C. A
medical expert
D. A
doctor and surgeon
Jawaban : A
Pembahasan :
Teks di atas
adalah teks report, untuk mengetahui gambaran umum dari teks tersebut dapat
diketahui pada paragraph pertama di awal kalimat. Maka jawabannya adalah A.
Indikator
SKL : Menentukan informasi rinci tersurat.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report yang sama, siswa dapat menentukan jawaban tentang informasi
rinci tersurat dengan tepat.
Soal :
4.
Which one is usually done by a
pharmacist?
A. Giving
immediate help to the patients
B. Recommending
better drugs to patients
C. Helping
surgeon while doing an operation
D. Giving
drugs to patients with major ailments
Jawaban : B
Pembahasan :
Jawaban dari
pertanyaan tersebut dapat ditemui pada paragraph pertama kalimat ‘the
experienced pharmacists can even prescribe some better drugs and medicines to
the patients’. Sehingga jawaban yang tepat B.
Indikator SKL : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal : Disajikan
teks report yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan informasi
tersirat dengan tepat.
Soal :
5.
Who has responsibility to recommend
drugs to visitors with minor ailments?
A. A
doctor
B. A
surgeon
C. A pharmacist
D. A
medical expert
Jawaban : C
Pembahasan :
Jawaban dari
pertanyaan tersebut adalah hasil simpulan informasi pada paragraph 2 khususnya
kalimat terakhir.Sehingga jawaban yang tepat C.
Indikator SKL : Menentukan pikiran utama.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks report yang sama, siswa dapat menentukan jawaban atas pertanyaan
menentukan pikiran utama sebuah paragraph dengan tepat.
Soal :
6.
What’s the main idea of paragraph two?
A. A
pharmacist has some duties.
B. A
pharmacist and doctor work cooperatively.
C. A
pharmacist recommends drugs to the patient.
D. Doctor
and surgeon give prescriptions to the patient.
Jawaban : A
Pembahasan :
Pikiran utama
pada paragraph 2 dapat dijumpai pada kalimat pertama, sehingga jawaban yang
tepat dari pertanyaan tersebut adalah A.
|
This
mango smoothie tastes great, is low in fat and will give you a healthy
immune system. Give it a try. A refreshing drink is for all occasions.
Appreciate our Mango Smoothie.
Slice
a large ripe mango in half. Cut horizontal and vertical lines across each
of the pieces in a grid effect. Then turn the skin inside out to reveal
equal sized chunks. Slice these chunks off the skin with the knife.
Afterwards, pour 250 milliliters of yogurt and 150 milliliters of milk
into a blender. Next add the mango, followed by 8 ice cubes. Put the lid
on firmly, and blend until the mixture is smooth, or the consistency you
desire. If the smoothie is too thin, add 1/2 a banana and blend again.
This will also make it sweeter. Finally, pour into a glass, drop in a
couple of straws and serve.
|
Read the text to answer questions 27 to 30.
Indikator
SKL : Menentukan gambaran umum
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks procedure tentang
minuman, siswa dapat menentukan gambaran umum dalam teks tersebut dengan tepat.
Soal :
7.
What does the text above tell us about?
A. It
tells about the way to make a mango smoothie.
B. It
identifies the problems to make a mango smoothie.
C. It
promotes the importance of a mango smoothie.
D. It
describes the features of a mango smoothie.
Jawaban : A
Pembahasan :
Teks tersebut adalah teks procedure, teks tersebut membicara
bagaimana cara membuat mango smoothie
hal ini dapat diketahui pada paragraph 1. Maka jawaban yang tepat adalah A.
Indikator
SKL : Menentukan informasi rinci tersurat.
Indikator
soal : Disajikan
sebuah teks procedure yang sama,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan menentukan informasi rinci tersurat
dengan tepat.
Soal :
8.
What should you do after pouring yoghurt
and milk into a blender?
A. Slice
the chunks off the skin with a knife.
B. Add
the mango, followed by 8 ice cubes.
C. Blend
the mixture until it becomes smooth.
D. Turn
the skin inside out to reveal chunks.
Jawaban : B
Pembahasan :
Jawaban pertanyaan tersebut dapat
dicermati pada paragraph 2 kalimat ‘Next
add the mango, followed by 8 ice cubes,’ sehingga jawaban yang tepat B.
Indikator
SKL : Menentukan
informasi tersirat.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks procedure yang sama,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan menentukan informasi tersirat dengan
tepat.
Soal :
9.
How many steps are done to make a mango smoothie?
A. 10
B. 9
C. 8
D. 7
Jawaban : B
Pembahasan :
Untuk menjawab pertanyaan ini perlu
membaca dengan teliti paragraph 2, sehingga diambil kesimpulan jumlah
langkah-langkah membuat mango smoothie
adalah 9 langkah.
Indikator
SKL : Menentukan makna kata.
Indikator
soal : Disajikan
sebuah kalimat yang dikutip dari teks procedure
yang sama dengan salah satu kata digaris
bawahi, siswa dapat menentukan makna
kata dari kata tersebut dengan tepat.
Soal :
10.
“Afterwards, pour 250 milliliters
of yogurt and 150 milliliters of milk into a blender.”
The underlined word means ….
A. Add
B. mix
C. empty
D. serve
Jawaban : A
Pembahasan : Makna yang tepat secara kontekstual kata pour adalah add.
No comments:
Post a Comment