Saturday, September 12, 2015

#11. Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP berdasarkan SKL dan Pembahasannya.

Indikator SKL   : Menentukan pikiran utama.
Indikator soal     :  Disajikan teks deskriptif yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan menentukan pikiran utama sebuah paragraf dengan tepat.

Soal   :
1.        What is the main idea of the last paragraph?
A.      The writer has a new bag.
B.       The bag is very functional.
C.       The bag has many pockets.
D.      The writer is satisfied with the bag.

Jawaban        : B.
Pembahasan  :
Pikiran utama pada paragraph ini yaitu kalimat pertama. Kalimat-kalimat berikutnya berupa kalimat penjelas, menjelaskan bagaimana tas tersebut bermanfaat untuk banyak hal. Sehingga jawaban yang tepat B.

Indikator SKL   : Menentukan tujuan komunikasi.
Indikator soal     :  Disajikan teks deskriptif yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaaan menentukan tujuan komunikatif dari teks tersebut dengan tepat.
Soal   :
2.        What is the purpose of the text?
A.       To retell the past event
B.       To entertain the readers
C.       To describe the writer’s new bag
D.       To give instruction how to buy a bag

Jawaban        : C
Pembahasan  :
Teks tersebut adalah teks deskriptif yang mendeskripsikan tas baru si penulis. Sehingga jawaban yang tepat dari tujuan si penulis menulis teks tersebut adalah mendeskripsikan tas barunya. Jadi jawaban yang tepat adalah D.

Read the text to answer questions 23 to 26.
Pharmacists are the professionals who dispense medicines to the patients, as prescribed by the medical expert. In most of the cases, the experienced pharmacists can even prescribe some better drugs and medicines to the patients. One of the most important pharmacist job descriptions is the management of medicines and drugs in health care units and hospitals. The pharmacist job description also includes assisting the patients, advising the medical experts and helping the patients by recommending the right medicine.
Some of the job duties of a pharmacist are as follows; give advice and assist doctors or surgeons in matters relating to dosages and prescriptions to the patient. Monitor and analyze the health of the patient, with respect to the drugs that have been given to the patient. Answer the queries of the patients about the probable side effects and benefits of the drug therapy. Seek immediate help from the doctor in case the drug shows some side effects on the patient. Recommend drugs to visitors with minor ailments.



Indikator SKL   : Menentukan gambaran umum.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks report tentang sebuah pekerjaan, siswa dapat menentukan jawaban gambaran umum dari teks tersebut dengan tepat.

Soal   :
3.        What does the text tell us about?
A.      A pharmacist
B.       A drug therapy
C.       A medical expert
D.      A doctor and surgeon

Jawaban        : A
Pembahasan  :
Teks di atas adalah teks report, untuk mengetahui gambaran umum dari teks tersebut dapat diketahui pada paragraph pertama di awal kalimat. Maka jawabannya adalah A.

Indikator SKL   : Menentukan informasi rinci tersurat.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks report yang sama, siswa dapat menentukan jawaban tentang informasi rinci tersurat dengan tepat.
Soal   :
4.        Which one is usually done by a pharmacist?
A.      Giving immediate help to the patients
B.       Recommending better drugs to patients
C.       Helping surgeon while doing an operation
D.      Giving drugs to patients with major ailments

Jawaban        : B
Pembahasan  :
Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat ditemui pada paragraph pertama kalimat  ‘the experienced pharmacists can even prescribe some better drugs and medicines to the patients’. Sehingga jawaban yang tepat B.

Indikator SKL   : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal     :  Disajikan teks report yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan informasi tersirat dengan tepat.

Soal   :
5.        Who has responsibility to recommend drugs to visitors with minor ailments?
A.      A doctor
B.       A surgeon
C.       A pharmacist
D.      A medical expert

Jawaban        : C
Pembahasan  :
Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah hasil simpulan informasi pada paragraph 2 khususnya kalimat terakhir.Sehingga jawaban yang tepat C.

Indikator SKL   : Menentukan pikiran utama.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks report yang sama, siswa dapat menentukan jawaban atas pertanyaan menentukan pikiran utama sebuah paragraph dengan tepat.
Soal   :
6.        What’s the main idea of paragraph two?
A.      A pharmacist has some duties.
B.       A pharmacist and doctor work cooperatively.
C.       A pharmacist recommends drugs to the patient.
D.      Doctor and surgeon give prescriptions to the patient.

Jawaban        : A
Pembahasan  :
Pikiran utama pada paragraph 2 dapat dijumpai pada kalimat pertama, sehingga jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah A.
This mango smoothie tastes great, is low in fat and will give you a healthy immune system. Give it a try. A refreshing drink is for all occasions. Appreciate our Mango Smoothie.
Slice a large ripe mango in half. Cut horizontal and vertical lines across each of the pieces in a grid effect. Then turn the skin inside out to reveal equal sized chunks. Slice these chunks off the skin with the knife. Afterwards, pour 250 milliliters of yogurt and 150 milliliters of milk into a blender. Next add the mango, followed by 8 ice cubes. Put the lid on firmly, and blend until the mixture is smooth, or the consistency you desire. If the smoothie is too thin, add 1/2 a banana and blend again. This will also make it sweeter. Finally, pour into a glass, drop in a couple of straws and serve.


Read the text to answer questions 27 to 30.

Indikator SKL   : Menentukan gambaran umum
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks procedure tentang minuman, siswa dapat menentukan gambaran umum dalam teks tersebut dengan tepat.
Soal   : 
7.        What does the text above tell us about?
A.      It tells about the way to make a mango smoothie.
B.       It identifies the problems to make a mango smoothie.
C.       It promotes the importance of a mango smoothie.
D.      It describes the features of a mango smoothie.

Jawaban         : A
Pembahasan  :
Teks tersebut adalah teks procedure, teks tersebut membicara bagaimana cara membuat mango smoothie hal ini dapat diketahui pada paragraph 1. Maka jawaban yang tepat adalah A.


Indikator SKL   : Menentukan informasi rinci tersurat.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks procedure yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan menentukan informasi rinci tersurat dengan tepat.
Soal   :
8.        What should you do after pouring yoghurt and milk into a blender?
A.      Slice the chunks off the skin with a knife.
B.       Add the mango, followed by 8 ice cubes.
C.       Blend the mixture until it becomes smooth.
D.      Turn the skin inside out to reveal chunks.
    
Jawaban        : B
Pembahasan  :
Jawaban pertanyaan tersebut dapat dicermati pada paragraph 2 kalimat ‘Next add the mango, followed by 8 ice cubes,’ sehingga jawaban yang tepat B.
Indikator SKL   : Menentukan informasi tersirat.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah teks procedure yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan menentukan informasi tersirat dengan tepat.

Soal   :
9.        How many steps are done to make a mango smoothie?
A.      10
B.       9
C.       8
D.      7

Jawaban        : B
Pembahasan  :
Untuk menjawab pertanyaan ini perlu membaca dengan teliti paragraph 2, sehingga diambil kesimpulan jumlah langkah-langkah membuat mango smoothie adalah 9 langkah.

Indikator SKL   : Menentukan makna kata.
Indikator soal     :  Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks procedure yang sama dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata dari kata tersebut dengan tepat.

Soal   :
10.    “Afterwards, pour 250 milliliters of yogurt and 150 milliliters of milk into a blender.”
The underlined word means ….
A.      Add
B.       mix
C.       empty
D.      serve

Jawaban        : A
Pembahasan  : Makna yang tepat secara kontekstual kata pour adalah add.


No comments:

Post a Comment