Thursday, September 10, 2015

#6. Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP Berdasarkan SKL dan Pembahasannya.

BEDAH SKL SOAL UJIAN NASIONAL 2013 BAHASA INGGRIS SMP/MTS
DAN PEMBAHASANNYA


Choose the best answer.
Read the text to answer questions 1 and 2



Indikator            : Menentukan gambaran umum teks fungsional pendek.
Indikator soal     : Disajikan sebuah kartu ucapan, siswa dapat menentukan topik
                               teks itu.

Soal:
1.      What is the text about?
A.      Opening of a new shop
B.       Description of a new home
C.       Advertisement on a new restaurant
D.      Congratulation to someone on moving to a new house

Kunci jawaban  : D
Pembahasan       :
Teks tersebut merupakan ucapan selamat menempati rumah baru.



Indikator            : Menentukan makna kata/frasa dalam teks fungsional pendek.
Indikator soal     : Disajikan kutipan kalimat dari teks dengan salah satu kata/frasa
                               digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.

Soal:
2.      “ a blessing upon your new dwelling” The underlined word has similar meaning with…
A.      family
B.       houes
C.       street
D.      room

Kunci jawaban  : B
Pembahasan       :
Kata dwelling berarti rumah atau tempat tinggal, jadi padanan kata yang sesuai adalah House.

Read the text to answer questions 3 to 5.


Indikator            : Menentukan gambaran umum teks fungsional pendek
Indikator soal     : Diberikan teks pesan singkat, siswa dapat menentukan topik
                               pesan singkat tersebut.

Soal:
3.      What is the message about?
A.      A sick grandma
B.       A delay of an activity
C.       A Working project
D.      A great plan

Kunci jawaban  : B             
Pembahasan       :
Isi pesan tersebut adalah penundaan suatu kegiatan karena penulis pesan berhalangan hadir.Pilihan yang tepat adalah b.


Indikator            : Menentukan informasi rinci teks fungsional pendek
Indikator soal     : Diberikan pesan singkat tertulis, siswa dapat menentukan
                               informasi rincinya.

Soal :
4.      Dinda can’t come to Mira’s house because…
A.      the project has not planned.
B.       she has to work in the hospital.
C.       her grandma is sick.
D.      Dinda must be hospitalized

Kunci jawaban  : C
Pembahasan       :
Alasan Dinda tidak dapat datang adalah karena neneknya sakit,

Indikator            : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal     : Diberikan teks pesan singkat, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan informasi tersirat dengan tepat.

Soal:
5.      From the message above we know that... 
A.      Dinda and Mira have to work together on their project.
B.       Dinda’s grandma involves in the project.
C.       Dinda and her grandma will meet Mira at the hospital.
D.      Dinda expect Mira to stay in the hospital with her.

Kunci jawaban  : A
Pembahasan       :
Dari dalam teks bisa disimpulkan bahwa Dinda dan Mira sudah merencanakan untuk bekerjasama dalam membuat project.Jadi pilihan yang sesuai adalah a.

Read the text to answer questions 6 and 7


Indikator            : Menentukan tujuan komunikatif teks.
Indikator soal     : Disajikan teks undangan, siswa dapat menentukan jawaban
                               pertanyaan tentang tujuan penulisan dengan tepat.

Soal:
6.      What is the text written for?
A.      To invite somebody to a party
B.       To celebrate a new baby
C.       To welcome a princess
D.      To show the way to Lexington

Kunci jawaban  : A
Pembahasan       : Teks tersebut berupa undangan untuk merayakan ulang tahun Brianna yang keempat, bisa dilihat dari beberapa kata kunci misalnya RSVP. Jadi pilihan yang tepat adalah to invite somebody to a party.

Indikator            : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal     : Disajikan teks undangan, siswa depat menentukan jawaban
                               informasi tertentu dengan tepat.

Soal:
7.      Who should we contact to make a confirmation?
A.      Brianna
B.       Airy Princess
C.       Mr. Solomon
D.      Kathy

Kunci jawaban  : D
Pembahasan       :
Dalam teks disebutkan “please RSVP to Kathy…” berarti kita harus konfirmasi kepada Kathy.

Read the text to answer questions 8 to 9

Dear Parents,
We would like to announce the available roster of tutorial services offered by our school. This is part of our after-school academic immersion program:
•    Algebra for elementary and high school levels
•    History, Science and Chemistry
•    Specific subjects for high school levels
Schedule of Sessions: 1 1/2 hours Monday to Friday except holidays.
Class .….. Size: …... Maximum ….. of…. 10 …..students.
Fee: $250/quarter.
For further information, you may contact our office at 555-2773.

Thank you very much.
Academic Advisor
Indikator            : Menentukan gambaran umum teks
Indikator soal     : Diberikan sebuah teks pengumuman, siswa dapat menentukan
                               gambaran umum teks tersebut.

Soal:
8.      What is the announcement about?
A.      Algebra class
B.       Specific subjects for students
C.       The roster of tutorial services
D.      History, science, and chemistry lessons

Kunci jawaban  : C
Pembahasan       :
Secara umum teks tersebut memberitahukan tentang tutorial services yang akan diselenggarakan oleh sekolah.

Indikator            : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal     : Diberikan teks announcement yang sama, siswa dapat
menentukan informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.

Soal:            
9.      We can conclude that ...
A.      The services are free of charge.
B.       The programs will be held during weekend.
C.       There will be no more than 10 students in a class.
D.      This is not part of after-school academic immersion program.

Kunci jawaban  : C
Pembahasan       : Dalam teks tertulis “Class Size: Maximum of 10 students.” Berarti dalam satu kelas tidak boleh lebih dari 10 siswa.



















Read the text to answer questions 10 to 12

Indikator            : Menentukan gambaran umum isi teks
Indikator soal     : Diberikan iklan tentang telepon genggam, siswa dapat
                               menentukan gambaran umum teks.

Soal:
10.  What is offered in the advertisement?
A.      Notebook
B.       Mobile phone
C.       Personal computer
D.      Digital camera

Kunci jawaban  : B
Pembahasan       :
Yang ditawarkan dalam iklan tersebut adalah produk dari Samsung berupa telepon genggam, sebagaimana bisa dilihat dari visualisasi gambarnya.

Indikator            : Menentukan informasi rinci
Indikator soal     : Diberikan iklan tentang telepon genggam, siswa dapat
                               menentukan informasi rinci dalam teks.

Soal:
11.  How many coloursdoes the product offer?
A.      One
B.       Two
C.       Four
D.      Six


Kunci jawaban  : B
Pembahasan       :
Warna yang tersedia ada dua macam yaitu marble white dan pebble blue.

Indikator            : Menentukan informasi rinci
Indikator soal     : Diberikan iklan tentang telepon genggam, siswa dapat
                               menentukan informasi rinci dalam teks.

Soal:
12.  What reflects Samsung Galaxy III’s organic design?
A.      Comfortable grip and gentle curves
B.       Shooting sounds
C.       Live wallpaper’s ripples
D.      Beautifully seamless form

Kunci jawaban  : A
Pembahasan       :Dalam teks tertulis “The Samsung GALAXY III’s
comfortable grip and gentle curves reflect its organic design.”

Read the text to answer questions 13 to 15


Dear Frank:
It's been said that "A friend in need, is a friend indeed." No words could better describe what your friendship has meant to us over the years.
Marie and I appreciate your taking the kids out to dinner last Thursday, so that we could be with her mom at the hospital.
It's wonderful to have friends like you, who are always there for us when we need you most.
Marie and I want you to know that we cherish your friendship. Should you ever need us in any way, please don't hesitate to call on us.
With warm affection,
Tim and Marie


Indikator            : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal     : Disajikan sebuah surat, siswa dapat menentukan jawaban
                               pertanyaan informasi tertentu dari teks dengan tepat.

Soal:
13.  Who took the kids out to dinner?
A.      Mary and her mom
B.       Tim and Marie
C.       Marie
D.      Frank.

Kunci jawaban  : D
Pembahasan       :
Yang mengajak anak-anak makan malam di luar adalah Frank, karena kata you dalam surat tersebut merujuk pada si penerima yaitu Frank.
Indikator            : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal     : Disajikan sebuah surat yang sama, siswa dapat menentukanjawaban informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.

Soal:
14.  From the text we know that…
A.      Marie was hospitalized.
B.       Frank is Marie’s brother.
C.       Tim and Marie were very grateful to Frank.
D.      Tim and Marie could not visit Marie’s mom in the hospital.

Kunci jawaban  : C
Pembahasan       : Surat itu mengekspresikan rasa terima kasih Tim dan Marie
                               atas bantuan yang diberikan Frank.

Indikator            : Menentukan makna kata/frasa dalam teks
Indikator soal     : Disajikan kutipan kalimat dari teks dengan salah satu kata/frasa
digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.

Soal:
15.  Marie and I want you to know that we cherish your friendship. “ The word cherishmeans…
A.      know.
B.       hate.
C.       appreciate.
D.      misunderstand.

Kunci jawaban  : C
Pembahasan       :
Kata cherish bermakna menghargai, jadi padanan yang sesuaiadalah appreciate.


No comments:

Post a Comment