Read the text to answer questions 6 and 7.
Mr. and Mrs. Samuel Hansen
request the company of
Mr. and Mrs. Ben Johnson Brown
Mr. and Mrs. Ben Johnson Brown
on the occasion of their
25th Wedding Anniversary
on Saturday 28 May at 8. p.m.
Taman Orchid Indah Block 2 D No. 4
Cengkareng Jakarta Barat
25th Wedding Anniversary
on Saturday 28 May at 8. p.m.
Taman Orchid Indah Block 2 D No. 4
Cengkareng Jakarta Barat
R.S.V.P: Windy (02154390231)
Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal : Disajikan teks
undangan, siswa depat menentukan jawaban
informasi
tertentu dengan tepat.
Soal:
1.
Who
will celebrate the wedding
anniversary?
A.
Windy
B.
Mr.
and Mrs. Brown
C.
Mr.
and Mrs. Hansen
D.
The
company
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Dari undangan tersebut jelas yang merayakan ulang
tahun pernikahan adalah Mr. and Mrs. Hansen.
Indikator : Menentukan tujuan komunikatif teks.
Indikator soal : Disajikan teks undangan yang sama, siswa
dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif
penulisan dengan tepat.
Soal:
2.
Whatis the text written for?
A.
To
invite somebody to a party
B.
To
celebrate a wedding
anniversary
C.
To
inform the marriage of Mr. and Mrs. Hansen
D.
To
give direction for Taman Orchid Indah Block 2D
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Teks tersebut adalah teks undangan, maka tujuan komunikatif dari penulisan
teks tersebut adalah A.
Read the text to
answer questions 8 and9.
ANNOUNCEMENT
To
: All students of SMP Bahagia Semarang.
To
celebrate the
National Education Day,Students body will
hold some interesting programs such as English
Speech Contest, Debate, and Class Wall Magazine Competition.
When: May 2, 2012 8 am onwards.
Where:
School hall
Registration:
Mr.Andi, the
coordinator of this program.
Indikator : Menentukan gambaran umum teks
Indikator soal : Diberikan sebuah teks pengumuman, siswa
dapat menentukan
gambaran umum teks tersebut.
Soal:
3.
What
does the text announce?
A.
A
Student Organization
B.
An
English Speech Contest
C.
A
National Day Celebration
D.
A
National Education Day ceremony
Kunci jawaban :D
Pembahasan :
Jawaban dari pertanyaan
tersebut dapat dilihat pada kalimat pertama, jadi topik dari penguman tersebut
tentang National Education Day Ceremony
Indikator : Menentukan informasi rinci
tersirat
Indikator soal : Diberikan teks pengumuman yang sama, siswa dapat
menentukan
informasi rinci tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
Soal:
4.
Based on the
text we can say that ...
A.
the programs will
last for 4 hours.
B.
the programs will be held in the morning.
C.
two competitions
will be held.
D.
Mr.Andi is the organizerof the programs.
Kunci jawaan : D
Pembahasan :
Pada kalimat terakhir
jelas bahwa koordinator program adalah Mr. Andi.
Read the text to answer
questions 10 to 12.
Indikator : Menentukan gambaran umum teks
Indikator soal : Diberikan iklan tentang makanan, siswa dapat menentukan
gambaran umum isinya.
Soal:
5.
The text above
is a … advertisement.
A.
food
B.
drink
C.
school
D.
classroom
Kunci jawaan : A
Pembahasan :
kata kunci dalam
iklan adalah “lunches” yang berarti makan siang. Jadi pilihan yang tepat adalah
food ads.
Indikator :
Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Diberikan iklan tentang makanan, siswa dapat menentukan
gambaran umum teks.
Soal:
6.
Classroom
Cuisine is…
A.
a kind of lunch.
B.
a catering company.
C.
person’s name.
D.
the school’s name.
Kunci jawaan : B
Pembahasan :
kata kunci dalam
iklan adalah “delivered, order, customer friendly website” yang menunjukkan
bahwa itu adalah perusahaan catering.
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Diberikan iklan tentang makanan, siswa
dapat menentukan
informasi rinci.
Soal:
7.
Parents can orderlunch…
A.
online.
B.
by phone.
C.
by going to
school.
D.
by delivery.
Kunci jawaan : A
Pembahasan :
kata kunci dalam
iklan adalah “orders are received by our customer friendly website”. Jadi harus
memesan online.
Read the text to answer questions 13 to 15.
Edinburgh, 19 November 2011
Dear
John,
I told you that I was going to
England, but actually I was heading for Scotland. I applied for a job and I
went for an interview yesterday. The manager and the factory supervisor
interviewed me. At first I found it difficult to understand them but I managed
to answer all their questions. I’ll know on Friday before I return whether I get the job or
not.
Tomorrow I plan to go to the
National Museum of Scotland, the Palace of Holy Roodhouse, the
Queen’s residence when she’s in Scotland.I’m going to spent a few more days
here enjoying the city which I hope will become my home for the next few years.
I’ll ring you when I hear
something about my job on Friday.
Bye,
Peter
Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal : Disajikan sebuah surat, siswa dapat menentukan
jawaban
pertanyaan informasi tertentu tentang teks dengan
tepat.
Soal:
8.
Where
is Peter writing the letter from?
A.
Edinburgh
B.
Scotland
C.
England
D.
His
home
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Jawaban pertanyaan
tersebut dapat diketahui dari penulisan tanggal dan tempat, menunjukkan kapan
dan dimana ia menulis surat.
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Disajikan sebuah surat yang sama, siswa dapat
menentukan
jawaban
informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
Soal:
9.
We know that Peter …
A.
will
call his friend after getting a job.
B.
hopes
to stay in Edinburgh for a few days.
C.
will get the
interviewresult
on Friday.
D. will go to see National Museum in Edinburgh.
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Jawaban pertanyaan tersebut merupakan kesimpulan dari kalimat terakhir
pada paragraf pertama.
Indikator : Menentukan makna kata/frasa dalam
teks
Indikator soal : Disajikan kutipan kalimat
dari teks dengan salah satu kata/frasa yang digaris bawahi, siswa dapat
menentukan makna kata tersebut dengan tepat.
Soal:
10.
The word
“heading” in “I was heading for Scotland” could be replaced with...
A.
living
in.
B.
going
to.
C.
staying
in.
D.
moving
to.
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Secara kontekstual makna yang tepat kata tersebut adalah staying in.
No comments:
Post a Comment